Akhirnya Setelah 60 Tahun Tanpa Fasilitas Bersuci, Kini Masjid Babul Huda Maros Dapat Bantuan dari British Propolis dan Dompet Dhuafa

Reporter: REDAKSI Topik: Sulawesi Selatan, Surat Pembaca
  • Bagikan
Akhirnya Setelah 60 Tahun Tanpa Fasilitas Bersuci, Kini Masjid Babul Huda Maros Dapat Bantuan Dari British Propolis Dan Dompet Dhuafa

Liputan4.com, Bantimurung, Maros — Setelah 60 tahun berdirinya Masjid Babul Huda di Desa Mattoangin, Kecamatan Bantimurung, Maros kini warga bersyukur bisa menikmati fasilitas Sumur Wakaf dan MCK komunal dari British Propolis dan Dompet Dhuafa untuk digunakan sebagai tempat bersuci.

Akhirnya Setelah 60 Tahun Tanpa Fasilitas Bersuci, Kini Masjid Babul Huda Maros Dapat Bantuan Dari British Propolis Dan Dompet Dhuafa


Hal ini diungkapkan oleh Abdul Thalib selaku warga setempat yang menyaksikan pembangunan Masjid ini secara bertahap merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan ini.

Masjid Babul Huda telah berdiri sejak tahun 1960-an dan hanya sebuah bangunan sederhana terbuat dari papan dan bambu, barulah pada tahun 1975 bangunan masjid ini berdiri secara bertahap mulai dari bangunan semi permanen hingga kini menjadi bangunan bertembok permanen. Akan tetapi bangun tersebut hanya bangunan tempat ibadahnya saja tanpa adanya tempat berwudhu dan buang hajat. Sehingga kebanyakan warga memilih untuk pulang ke rumah untuk buang air dan berwudhu dari rumah.

Alhasil pada tahun 2021 ini barulah warga akan mulai dimudahkan dalam beribadah karena telah tersedia bantuan fasilitas berwudhu dan mck yang berada di wilayah Masjid jadi warga tidak perlu khawatir lagi untuk beribadah di Masjid.

Pada Jumat (5/11/2021) pimpinan cabang Dompet Dhuafa Sulsel Rahmat Hidayat HM menyerahkan bantuan sumur wakaf dan MCK komunal secara simbolis dari British Propolis kepada warga setempat yang diterima langsung oleh Imam Masjid Babul Huda, Basri.

Basri mengaku sangat terharu dengan adanya bantuan dari British Propolis dan Dompet Dhuafa, “Alhamdulillah dengan adanya fasilitas ini bisa memudahkan masyarakat untuk berwudhu jadi tidak perlu pulang ke rumah lagi dan gak perlu antri lagi karena sudah ada tempat ini”

“Sebelumnya memang ada fasilitas swadaya yang dibangun masyarakat untuk wudhu namun tempat tersebut sangat sempit dan airnya juga bukan dari sumur bor melainkan aliran dari rumah warga yang disambung pakai pipa yang kini juga sudah rusak,” ungkap Basri.

Adapun jenis bangunannya adalah sumur Wakaf dan MCK Komunal dengan kedalaman 10 meter dan luasnya 7 x 3 meter persegi. Fasilitasnya antara lain toren dan mesin air, MCK 2 unit, tempat wudhu dengan 10 keran air.

# # #

Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi:
Public Relations Dompet Dhuafa
Philanthropy Building
Jl. A. P. Pettarani No.33, Tamamaung, Panakkukang, Makassar, 40115
U.P : Mega Herdiyanti (+62 858 278 603 11)

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan