Ahmad Zarnawi dan Nyonya Ema Nurul di Nobatkan Gelar Adat “Patuan Seribu Raja dan Gahara Bulan Purnama Hasibuan”

Ahmad Zarnawi Dan Nyonya Ema Nurul Di Nobatkan Gelar Adat &Quot;Patuan Seribu Raja Dan Gahara Bulan Purnama Hasibuan&Quot;

LIPUTAN4.COM,PADANG LAWAS
-Plt Bupati Padang Lawas Ahmad Zarnawi Pasaribu dinobatkan gelar adat “Patuan Seribu Raja,”dan Ny Ema Nurul ditabalkan dengan gelar “Gahara Bulan Purnama Hasibuan” oleh Raja Luat Sosa Julu dan Raja -Raja Luat lainnya serta Pemangku Adat Kabupaten Palas.

Secara resmi penobatan gelar adat kepada .H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, dilaksanakan secara adat,bertempat di Bagas Godang Bukit Berbunga, Pasar Ujung Batu,Kecamatan Sosa,Jumat (5/8/2022).


Ketua Pemangku Adat Kabupaten Palas, Sutan Parlindungan Hasibuan didampingi Patuan Banggor usai kegiatan sidang adat mengatakan, Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Ny Ema Nurul secara resmi telah dinobatkan gelar “Patuan Seribu Raja” dan Gahara Bulan Purnama Hasibuan”.

Ahmad Zarnawi Dan Nyonya Ema Nurul Di Nobatkan Gelar Adat &Quot;Patuan Seribu Raja Dan Gahara Bulan Purnama Hasibuan&Quot;

Dikatakan,proses penabalan gelar adat terhadap H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Ny Ema Nurul melalui proses marpangir sidang adat dan di arak untuk mandi keramas (Marpangir) di ketapian raya bangunan (Tempat Mandi di pemandian Raja) yang dilaksanakan para raja -raja luat wilayah Tabagsel dan Tapanuli Tengah.

Setelah dilaksanakan penabalan gelar di tapian raya bangunan,Ahmad Zarnawi dan Ny.Ema Nurul kembali diarak ke Bagas godang Bukit Berbunga dan dilanjutkan dengan tor-tor dua sejoli serta lantunan onang -onang disertai gendang yang bertalu talu. Dalam hal ini pelantun onang onang melantunkan riwayat hidup Ahmad Zarnawi Pasaribu,sebutnya.

Di momen ini pula, Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama istrinya Ny Ema Nurul sampai meneteskan air mata mengenang perjuangan orangtuanya begitu gigih dalam mendidik dirinya sehingga meraih kesuksesan sebagai dan kini menjadi Plt Bupati Palas saat ini.’terang Patuan banggor.

Usai acara adat penanabal gelar pada hari jum’at 05/08, acara juga dirangkai dengan Akikah dan mengayun terhadap putrinya yang berlangsung di Bagas Godang pada hari, Sabtu (06/08- 2022).

Pantuan dilokasi acara penabalan gelar berjalan dengan khidmat dan haru terlihat juga hadir para tokoh masyatakat,tokoh adat ,tokoh agama serta undangan lainya dari berbagai daerah, dan di banjiri masyarakat yang menyaksikannya acara pesta adat dan mengayun tersebut.(Sbn)

Print Friendly, Pdf & Email