Ada Warung Bumdes Dan Inovasi WC Tripikon Di Daha Bikin Kagum Bupati HSS.

2020 11 20 15.33.07

Liputan 4.com – Kandangan.

INOVASI warung badan usaha milik desa (bumdes) di Desa Sungai Mandala, Kecamatan Daha Utara dan WC tripikon di Desa Muning Baru, Kecamatan Daha Selatan, mendapat perhatian khusus dari Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry.

WARUNG Bumdes Desa Sungai Mandala yang persis berada di samping Masjid Jami Iberahim, Daha Utara pun ditinjau Bupati HA Fikry. Warung itu menyediakan 18 petak dan dikelola pemerintah desa untuk kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat.

Usai mengujungi warung bumdes, Bupati Fikry pun menyaksikan langsung pembuatan WC tripikon yang berasal dari dana Desa Muning Baru. Fasilitas ini dipasangkan ke rumah tangga miskin.

“Dari dua desa yang kami kunjungi, terlihat inovasi yang sudah berjalan di Desa Muning dan Desa Sungai Mandala. Baik warung bumdes maupun WC tripikon yang ramah lingkungan,” kata Bupati Fikry kepada awak media, Kamis (19/11/2020).

Ia mengakui WC tripikon memiliki kelebihan dibanding toilet biasa karena bisa mencampur kotoran dengan kaporit, sehingga limbahnya sudah menjadi lumpur dan tidak mencemari sungai atau rawa.

Kepala Desa Muning Baru Gusriadi mengungkapkan inovasinya ini berawal dari arahan Dinas Kesehatan untuk membuat terobosan baru dengan membuat WC tripikon yang ramah lingkungan ini.

“Kemudian, kami mencoba membuatnya dan memasangkannya ke rumah rumah warga khususnya rumah tangga miskin (RTM) dengan menggunakan dana desa,” ucap Gusriadi.(Lida.P)

Print Friendly, PDF & Email
KONTEN SPONSOR

Leave a Reply