x
HARI KARTINI

Jaga Dan Kawal Suara C1 Tingkat PPK, Keluarga Besar Dari Caleg Dapil 1 Baturaja Timur Sudah 10 Hari Berjaga Disamping Pelataran Kantor Camat

waktu baca 3 menit
Sabtu, 24 Feb 2024 15:32 0 358 AGUS MAULANA

LIPUTAN4.COM SUMATERA SELATAN – BATURAJA, Pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024 diseluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Indonesia telah dilakukan dan berjalan dengan lancar baik pada Pilpres, Pileg DPR RI, Pileg DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten / Kota dan DPD.

Merajuk pada aturan PKPU nomor : 5 Tahun 2024 Pasal 5 disebutkan salah satu formulir yang dalam pelaksanaan dan perhitungan suara di tiap – tiap TPS adalah model C, selain itu berdasarkan PKPU nomor : 5 tahun 2014 yakni Formulir C1 adalah sertifikat hasil dan rincian perhitungan suara ditiap – tiap TPS. Formulir C1 perlu diisi sebagai laporan proses pemungutan suara serta mencatat hasil perhitungan. Informasi dalamnya meliputi jumlah suara tidak sah, serta perolehan suara untuk masing – masing kandidat dan Partai Politik dari peserta Pemilu.

Dari isian formulir model C1, model C1 berhologram dan lampiran model C1 DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Model C1 DPRD Kabupaten / Kota akan dimasukkan ke sampul kertas. Semuanya akan disampaikan oleh petugas KPPS kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk memastikan dan mencocokan hasil perhitungan suara formulir C1 ditiap – tiap TPS yang ada di tingkat Kecamatan, tentunya menjadi perhatian oleh Kandidat peserta Pemilu (Caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD) dan Partai Politik dengan mengawal dari Tingkat TPS, PPK hingga penetapan ditingkat KPU, seperti hal yang dilakukan oleh Herlan (38) dari salah satu keluarga besar caleg dari Daerah Pemilihan 1 Kecamatan Baturaja Timur yang sudah 10 hari berjaga di Gedung Serba Guna Kecamatan Baturaja Timur tempat dilakukannya perhitungan rekapitulasi suara Pemilu 2024 pada Tingkat PPK atau Kecamatan.

Herlan (38) kepada awak Liputan4.com saat dikonfirmasi pada hari ini Sabtu, (24/02/2024) mengatakan, pengawalan atau pantauan selama 10 hari di Gedung Serba Guna tempat perhitungan suara adalah bentuk kedekatan dan kecintaan terhadap keluarga besar yang mencalonkan diri menjadi caleg DPRD Kabupaten OKU pada Pemilu 2024.

“Alhamdulilah dari hasil laporan C1 dari para saksi – saksi kita di TPS sebanyak 5000 suara lebih, pokoknya akan kita kawal terus disini dan tidur disini. Kita pulang hanya mandi dan ganti baju setelah itu kesini lagi,”ujar Herlan.

“Maaf kita tidak bisa menyebutkan orangnya dan partainya, nanti kalau sudah ada penetapan oleh KPU OKU nanti kita akan beritahu,”ungkap Herlan.

Ditambahkan Herlan warga Desa Tanjung Kemala, kita berada selama 24 jam disamping Gedung Serba Guna Kecamatan Baturaja Timur bukan berarti tidak percaya dengan perhitungan rekapitulasi ditingkat PPK, yang pasti dari kita hanya ingin mencocokan hasil suara C1 dari laporan saksi – saksi ditiap – tiap TPS Dapil 1 Baturaja Timur.

“Meskipun saya sudah 10 hari bersama keluarga besar lainnya, demi untuk memastikan hasil perolehan suara dari laporan C1 yang masuk, tak masalah kita harus tidur dipelataran samping kantor camat Baturaja Timur,”ucap Herlan.

“Kita do”akan saja perhitungan rekapitulasi suara di Tingkat PPK berjalan lancar dan sesuai harapan kita bersama, dan semuanya sudah kita percayakan kepada saksi dalam bertugas saat perhitungan suara berlangsung didalam gedung,”tutup Herlan.

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ULTAH PULAU TALIABU
RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x