x

Dandim 0624/Kab Bandung Sambut Pangdam III/Siliwangi Di Acara Penutupan Diklat Dan Penyumpahan Prajurit Dikmata Gelombang 1 Tahun 2023

waktu baca 4 menit
Jumat, 29 Sep 2023 21:01 0 423 ASEP DILI

Liputan4.com | Kab.Bandung – Komandan Kodim 0624/Kab Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, S.E, M.IP, menyambut kedatangan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos,di acara penutupan Diklat dan Penyumpahan Prajurit Dikmata TNI-AD Gelombang 1  tahun 2023 di Lapangan Upacara Sapta Marga Secata Rindam III/Siliwangi Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, pada Jum’at (29/09/2023).

Dikesempatan itu Pangdam III /Siliwangi  Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos, bersama Komandan Upacara (Danup) Letkol Inf Edi Ristriyono, S.Pd., M. Perwira Upacara : Mayor Inf Suwito dan Perwira Keamanan : Mayor Inf Lilik Sugiono, melantik dan sumpah 137 Orang siswa prajurit Secara Rindam III/Siliwangi.

Selain  dihadiri Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos,S.E, M.IP, juga dihadiri Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saeful S.sos. M, Irdam iII/Siliwangi Brigjen TNI Arif Abdurachman beserta istri, Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kuat Budiman S.I.P beserta Istri, Aspers Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Edi Budiman S.I.P beserta Istri, Aslog Kasdam III/Siliwangi, Kolonel Czi. Donald Erikson Silitongan (Aslog beserta Istri, Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf. Uyat S.I.P M.H.I C.frA berserta istri, Kaajendam III/Siliwangi Kolonel Caj Kiagus Muhamad Mukhtar, Kakesdam III/Siliwangi Kolonel Ckm dr. Agus Ridho Utama.

Tampak hadir pula Kabekangdam III/Siliwangi, Kolonel Cba. Agus Supriyono, Kapaldam kolonel Cpl. Hery Mulyadi, Kahubdam III/Siliwangi, Kolonel Chb. Abdulrahim Senowibowo, Kajasdam III/Siliwangi  diwakili Kaur Kasjas Jasdam III/Siliwangi Mayor Inf. Budi, Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Adhe Hansen,  Danyonzipur 3/YW, Mayor Czi Dili Eko Setyawan S.Ak.M, Danramil 2410 Pangalengan Kodim 0624/Kab Bandung Kapten Inf Mulyono., Kapolswk Pengalengan AKP. Edi Pramana, Kabid Poldagri Kesbangpoldagri Bapak Aam Rahmat S.sos M.Si, Camat Pangalengan Drs. Hidayat Ramdan, Letkol (Purn) Bilaludin Perwakilan dari PT Star Energy Geotermal, Perwakilan PTPN VIII Malabar dan Para tamu undangan dan keluarga Siswa.

Dalam Amanatnya Pangdam III /Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos mengatakan, Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke Khadirat Tuhan Yang Maha Esa karena hanya atas limpahan rahmat dan ridho-Nya, kita dapat menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang I TA. 2023, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Selaku Pangdam III/Siliwangi. Saya mengucapkan selamat kepada para Prajurit Siswa yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat Gelombang | TA. 2023. Kalian telah dilantik menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Prajurit Dua, sehinga terikat dengan kewajiban sebagai seorang Saptamargais. Sumpah yang diucapkan, merupakan janji luhur yang harus dipertanggungjawabkan kepada Bangsa dan Negara, dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Pegang teguh norma-norma dasar keprajuritan, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pelantikan kalian menjadi Prajurit TNI AD, juga harus disikapi dengan penuh rasa syukur disertai dengan kesiapan untuk mengemban tugas sebagai Patriot, Kesatria dan Bhayangkari negara dan bangsa Indonesia untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Hal ini perlu diperhatikan agar dalam menjalani profesi keprajuritan, kalian bisa berhasil dan tidak salah arah yang dapat menimbulkan kerugian pada diri sendiri, institusi maupun bangsa dan negara.

Selanjutnya Pangdam III/Siliwangi mengingatkan bahwa menjadi Prajurit TNI AD merupakan pilihan dalam pengabdian yang menuntut dedikasi, loyalitas, pengorbanan jiwa dan raga yang sepenuhnya untuk kepentingan Bangsa dan. Negara. Ingatlah selalu pesan Panglima Besar Jenderal Sudirman “Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan pula suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu. Kita masuk dalam Tentara karena keinsyafan jiwa, dan kesediaan berkorban bagi Bangsa dan Negara”,

Para prajurit lulusan Dikmata TNI AD yang saya banggakan, Dengan selesainya pendidikan, bukan berarti tugas belajar dan berlatih yang kalian laksanakan sudah tuntas, tetapi merupakan langkah awal bagi kalian semua untuk membentuk diri menjadi prajurit yang profesional, senantiasa bekerja keras, tabah, berani menghadapi resiko apapun, mempunyai militansi tinggi dan pantang menyerah.

Untuk itu setelah kalian menyelesaikan pendidikan pertama dan sebelum bertugas di satuan jajaran TNI AD, kalian akan dibekali keahlian untuk menjadi prajurit yang profesional dengan terlebih dahulu mengi- kuti Pendidikan di Kecabangan masing- masing, sehingga memiliki pengetahuan dan diperlukan keterampilan dalam pelaksanaan tugas di satuan, saya berharap kalian tetap menjaga mental, fisik dan kesehatan. Manfaatkan kesempatan dinas cuti yang kalian peroleh untuk konsolidasi dan khususnya orang tua, jangan membuat pelanggaran sekecil apapun yang dapat merugikan diri kalian dan Institusi.

Mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Danrindam Siliwangi, para pembina dan pelatih serta unsur terkait lainnya atas terselenggaranya Dikmata TNI AD gel I tahap I TA. 2023. Laksanakan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang sama pada gelombang berikutnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI AD, Bangsa dan Negara, pungkas Pangdam III/Siliwangi. (Sumber : Pendim 0624/Kab Bandung)

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x