8 Amalan di Bulan Ramadhan, Mudah Dikerjakan Pahala Besar, Sayang Untuk Dilewatkan

8 Amalan Di Bulan Ramadhan, Mudah Dikerjakan Pahala Besar, Sayang Untuk Dilewatkan

Liputan4.com, Pamekasan – Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, pahala dari berbagai amal yang dilakukan akan dilipat gandakan. Oleh karena itu, jangan sia-siakan waktu, lakukan perbuatan baik di bulan Ramadhan untuk menyempurnakan pahala.

Dalam bulan yang penuh hikmah ini, ada beberapa ibadah yang wajib dan sunnah untuk dilakukan, Untuk memastikan tiap waktu yang kamu punya bermanfaat, lakukan beberapa ibadah dan kebaikan di bulan Ramadhan, simak uraiannya :

1. Puasa Wajib Ramadhan
Salah satu ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Islam pada bulan ini adalah berpuasa, sejak berkumandangnya adzan Subuh hingga tenggelamnya matahari saat adzan Maghrib. Berpuasa dalam hal ini tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan diri dari hawa nafsu.

2. Perbanyak Membaca Al Quran
Salah satu keutamaan bulan suci Ramadhan, adalah bahwa pada momen ini, ibadah yang kamu lakukan akan menuai gambar dan pahala yang berlipat-lipat. Maka saat membaca dan mempelajari Al Quran, meskipun hanya satu ayat atau bahkan satu huruf, akan mendapat banyak balasan dari Allah. Membaca Al Quran juga akan menambah ketenangan hati.

3. Sholat Tarawih dan Sholat Sunnah Lainnya
Sholat satu malam secara khusus hanya diperintahkan pada bulan Ramadhan adalah tarawih . Sholat ini bisa dilakukan secara berjamaah di rumah, di masjid, atau pun sendirian. Waktunya pun lebih leluasa, yakni sejak sholat Isya hingga menjelang sholat Subuh.

4. Makan Sahur dan Menyegerakan Berbuka
Sebagian sengaja meninggalkan sahur karena merasa mampu berpuasa tanpa melakukan ibadah ini. Padahal ternyata Rasulullah mengajarkan umatnya untuk makan sesuatu saat sahur, karena di dalam aktivitas ini ada keberkahan, sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari. Maka berharapnya sahur tidak ditanggapi, meski hanya minum seteguk.
Selain makan saur , ada baiknya kamu juga menyegerakan puasa. Rasulullah mengungkapkan bahwa umat beliau akan berada dalam peringatan mereka mengakhirkan waktu makan sahur dan menyegerakan berbuka. Dalam hal ini, berbuka tidak harus langsung dengan makanan berat, karena berbuka dengan seteguk udara juga tergolong sah.

5. Memberi Makan Orang Berbuka
Mengapa bulan Ramadhan sering juga disebut bulan ibadah ? Karena pada bulan inilah banyak peluang untuk mendapatkan pahala dan keberkahan lewat berbagai macam ibadah. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah memberi makan atau minuman pada orang yang berpuasa.
Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad, Rasulullah SAW bersabda bahwa memberi makan kepada orang yang berpuasa, pahalanya akan sama dengan orang yang berpuasa. Pahala tersebut diberikan Allah tanpa pengurangan pahala orang yang berpuasa.

6. Berdiam Diri di Masjid (Itikaf)
Itikaf sebenarnya bisa dilakukan kapanpun, tidak harus pada bulan Ramadhan. Itikaf diawali dengan niat, lalu berdiam di dalam masjid dan melakukan berbagai ibadah, seperti sholat, dzikir, membaca Al Qur’an, dan sebagainya.

7. Membayar Zakat Fitrah
Selain berpuasa, amalan lain yang wajib hukumnya di bulan Ramadhan adalah membayar zakat fitrah. Sesuai Al Qur’an surat At Taubah ayat 103, zakat berfungsi untuk membersihkan dan mensucikan (harta). Zakat juga akan memberikan ketentraman jiwa.

8. Perbanyak Sedekah
Pada bulan suci ini, memperbanyak sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan sedekah Rp1.000 dari uang yang kamu miliki pun akan dibalas berlipat ganda. Demikian pula dengan menebar senyum pada orang di sekitarnya, juga sadekah.