678 Personil Gabungan diterjunkan Pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Palas

678 Personil Gabungan Diterjunkan Pengamanan Pilkades Serentak Di Kabupaten Palas

LIPUTAN4.COM,PADANG LAWAS  -678 personel Polri diterjunkan dalam pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Padang lawas (Palas).

Personil Kepolisian tersebut berasal 6 Polres Jajaran Poldasu ditambah Personil Brimob Poldasu dan Personil TNI Kodim 0212/TS.


Para personel gabungan ini disebar di 104 desa di Kabupaten Palas yang menggelar Pilkades secara serentak, Selasa (12/07/2022). Ada sekitar ratusan TPS (tempat pemungutan suara) pelaksanaan pilkades serentak.

“Semua personel agar waspada hal keamanan guna menjaga Kamtibmas yang kondusif aman dan nyaman dikegiatan pilkades serentak ” kata Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan, usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Huta Toba Tahun 2022, di lapangan MAN 2 Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Senin (11/07/2022).

Menurut Kapolres, pengamanan Pilkades serentak di 104 desa ini, personil gabungan TNI-Polri ditekankan untuk dapat menciptakan situasi Kamtibmas tetap aman dan menjaga situasi tetap kondusif sampai penetapan hasil Pilkades, Sabtu (16/07/2022) di Kabupaten Palas.

AKBP Indra Yanitra juga meminta, agar para Kapolsek jajaran Polres Palas mengecek dan mengarahkan dengan benar anggota tim yang melakukan penjagaan di TPS-TPS Pilkades dilingkup desa yang tersebar di 17 Kecamatan se Palas.

“Para Kapolsek dan personil pengamanan harus memahami betul medan di wilayah pengamanan. Sehingga para personil yang berasal dari Polres lainnya dijajaran Poldasu tidak salah dalam mengambil tindakan,” paparnya.

Pantauan di lapangan, pada kegiatan apel pergeseran pasukan di lapangan MAN Barumun Tengah dilaksanakan, Senin (11/07)Dengan total personel Polri ditambah personil TNI yang diterjunkan ke desa-desa mencapai sekitar 678 personel.

Untuk diketahui, pada Pilkades serentak tahun 2022 ini di Kabupaten Palas yang dilaksanakan di 104 desa, dengan calon Kepala Desa yang menjadi peserta Pilkades sebanyak 288 orang yang akan digelar besok, Selasa (12/07/2022).

Jumlah personil gabungan yang diterjunkan pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Palas berasal dari Polres Mandailing Natal (Madina), 28 personil, Polres Tapanuli Selatan, 50 personil, Personil Brimob Poldasu sebayak 200 orang, Personil Samapta Poldasu sebanyak 100 orang, Personil Padang Sidempuan, 25 personil, Polres Tapteng, 25 personil, Polres Labuhan Batu,100 personil.

Ditambah Personil Polres Palas, Personil BKO PAM TPS, Sat Intelkam Poldasu, 9 personil, Sat Reskrim Poldasu, 9 personil dan 1 Pleton personil TNI Kodim 0212/TS.

Turut hadir dikegiatan penggeseran pasukan tersebut, Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu , Asisten I Setdakab, Panguhum Nasution ,MAP, Plt Kadis PMD Palas, Faisal Amrin Siregar, Kasatpol PP dan Damkar, Agus Saleh Saputra Daulay,Perwira Penghubung Kodim 0212/TS, Kapten Arh Saleh Hasibuan dan para PJU Polres Palas.(Sbn)

Print Friendly, Pdf & Email