25 Ribu Kartu Tani Siap Dicetak, Dinas Pertanian Bagikan Kepada Petani Di TTS

Simron Yerifrans - NTT
  • Bagikan
25 Ribu Kartu Tani Siap Dicetak, Dinas Pertanian Bagikan Kepada Petani Di TTS

Foto : Istimewa

Liputan4.com, Soe-TTS

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten TTS menyerahkan kartu tani bagi 399 petani di Kecamatan Kota Soe pada Kamis, ( 03/05/2021).

Kegiatan penyerahan kartu tani tersebut dihadiri oleh bank BRI cabang soe, pemda TTS, pupuk indonesia, dan 399 petani di TTS.
Terlihat banyaknya jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan itu sehingga ruang aula rupanya tidak bisa menampung hadirin.

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten TTS, Otnial Neonane saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa hingga saat ini Dinas sudah melakukan entri data berjumlah 25 ribu dari total 27 ribu kartu tani yang akan diberikan kepada petani.

Dikatakan saat verifikasi oleh pihak bank 25 ribu kartu siap dicetak sedangkan sisanya masih harus dilakukan perbaikan data.
Saat ini sudah 5 ribu kartu sudah dicetak dan pekan depan akan dicetak lagi 19 ribu yang nantinya akan mulai dibagikan kepada para petani yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten TTS.

“Hari ini kita mulai bagikan kartu bagi petani yang mulai dari kecamatan kota Soe. Kartu ini bisa digunakan untuk membeli bibit, obat, pupuk dan bahkan bisa mengajukan kredit usaha”, ujarnya.

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan disalahgunakan, Kadis Ot mengatakan tidak bisa digunakan orang karna menyangkut data pribadi sehingga bisa dikontrol secara otomatis.

Lebih lanjut dikatakan pihaknya akan terus melakukan entri setiap tanggal 25-28 sampai semua kelompok tani mendapatkan kartu.
Kedepan jika masih ada kelompok baru,akan tetap didata dan verifikasi untuk dibagikan kartu.

“Penyuluh akan dampingi petani untuk daftar ke simultan dilanjutkan verifikasi oleh bank,setelah itu cetak kartu tani untuk dibagikan ke masyarakat”,tambahnya lagi.
Saat ini tercatat 2776 kelompok tani yang tersebar di TTS dan 4 pengecer di TTS antara lain Toko Komodor,Sumber Tani di kota Soe, Toko Sederhana di Linamnutu dan Toko Tifani di Batuputih.

Salah satu petani,Yohanis kepada media ini mengaku senang karna kartu tersebut bisa diatur dan digunakan sendiri sesuai keinginannya.

Ia mengaku akan memanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan dalam melakukan pekerjaannya sebagai petani.

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
LIPUTAN4.COM Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications