PPDB KOTA MEDAN 2022

200 Peserta Ikuti Lomba Berburu Babi Hutan Piala Bupati Tanah Laut 2022

200 Peserta Ikuti Lomba Berburu Babi Hutan Piala Bupati Tanah Laut 2022

 

Liputan 4.com-Tanah Laut.Sebanyak 200 peserta mengikuti lomba berburu hama babi hutan piala Bupati Tanah Laut 2022 digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut sebagai salah satu upaya sosialisasi dan tata cara memburu hewan sesuai etika sekaligus promosi wisata di kabupaten tersebut.


Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengatakan, peserta mengikuti lomba tersebut semuanya tergabung dalam Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Tanah Laut.

“Peserta akan memburu hama babi hutan di perkebunan milik warga dan beberapa perusahaan swasta,”ujar Bupati Tanah Laut HM Sukamta, setelah melepas rombongan peserta Lomba Berburu Hama Babi Hutan Piala Bupati Tanah Laut 2022, di Lapangan Pertasi Kencana Pelaihari, Jum’at (20/1) tadi.

Menurut dia, secara internal lomba tersebut untuk meningkatkan profesionalisme anggota Perbakin Tanah Laut.

“Secara eksternal membantu masyarakat kebunnya banyak terkena hama, sekaligus mensosialisasikan etika berburu,” ungkap bupati.

Selama ini, jelas dia, masyarakat sering merakit alat berburu sendiri belum sesuai standar.

“Ini perhatian dari anggota Perbakin kita untuk mensosialisasikan agar masyarakat tidak berurusan dengan hukum,”terang Sukamta.

Safari berburu tersebut, papar dia, akan diagendakan Pemkab Tanah Laut secara rutin setiap tahun.

“Akan kita agendakan setiap hari jadi, karena kita punya potensi tempat untuk pelaksanaan kegiatan ini sekaligus mempromosikan wisata kita,” tutur bupati.

Lebih lanjut dia mengemukakan, lomba tersebut diikuti setidaknya 200 peserta dan berlangsung di Kecamatan Kintap selama tiga hari mulai 28 Januari sampai 30 Januari 2022, tepatnya di empat titik desa yaitu Desa Asam-Asam, Desa Salaman, Desa Kintap dan Desa Riam Adungan.

“Para pemburu hama babi terbanyak akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Pemenang pertama akan meraih hadiah senilai Rp 7 juta, juara kedua senilai Rp 5 juta, juara ketiga Rp 3,5 juta dan juara favorit akan mendapatkan hadiah 1 unit sepeda motor,”tandasnya.(Liputan 4.com).

Print Friendly, Pdf & Email